Sumber: Hipwee

Tahu tentang Suku Baduy? Mungkin mayoritas dari kalian hanya sekedar tahu bahwa Suku Baduy adalah suku yang terletak di wilayah Banten, atau tepatnya di Kabupaten Lebak. Padahal Suku Baduy tidak hanya sekedar itu, banyak hal-hal keren yang belum banyak diketahui mengenai suku yang satu ini.

Mau tau apa saja fakta-fakta kerennya? Nah, simak aja yang berikut ini.

1Suka Jalan Kaki

Sumber: Kumparan

Mungkin orang-orang Suku Baduy memiliki jantung yang paling sehat di antara suku-suku yang lainnya. Karena memang suku yang satu ini suka jalan kaki, mereka bahkan tidak peduli dengan jauhnya jarak yang ditempuh. Nah, keren kan sob?

2Masih Menganut Perjodohan

Sumber: Gebyar

Meskipun zaman sudah semodern ini, namun Suku Baduy masih menganut perjodohan. Meksipun tidak suka dengan pasangannya, mereka tetap menerima perjodohan itu. Tentunya ini berbeda dengan kita, termasuk juga kamu, yang mungkin kalau lagi dijodohin dan gak cocok sama pasangannya langsung menulis status galau di media sosial.

3Peralatan Mandi Masih Sederhana

Sumber: Jejak

Kalau kamu lagi mengunjungi Suku Baduy, jangan harap kamu bisa mandi pakai sabun atau gosok gigi pakai odol. Itu karena Suku Baduy sangat menjaga alamnya, mereka kalau mandi cukup pergi ke sungai dan memakai batu untuk menggosok badannya, kalau mau sikat gigi mereka hanya pakai sabut kelapa.

4Cuci Kaki Sebelum Masuk Rumah

Sumber: Antar Budaya

Karena kebiasaan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, oleh sebab itu Suku Baduy selalu mencuci kaki sebelum masuk ke dalam rumah, biar gak kotor sob! Mereka sudah menyediakan bak air yang terbuat dari bambu di depan rumah mereka, jadi gak perlu jauh-jauh kalau mau mencuci kaki.

5Pemimpinnya Bernama Pu’un

Sumber: Surabaya Online

Pu’un itu bukan nama orang, melainkan cuma sebutan untuk pemimpin Suku Baduy, mirip seperti Kepala Desa gitu lah. Orang yang menjadi pemimpin Suku Baduy biasanya memiliki kemampuan yang luar biasa, seperti mampu menyembuhkan orang sakit hingga mencarikan jodoh.

6Mengukur Kekayaan Melalui Tembikar

Sumber: Super Adventure

Kalau hanya dilihat dari luar rumah, kamu pasti bakal kesulitan untuk mengukur kekayaan orang Suku Baduy. Karena penilaian kaya atau tidaknya orang Suku Baduy adalah dilihat dari banyaknya jumlah tembikar kuningan yang disimpan di dalam rumahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here