Sumber : grid.id

Zaman sekarang orang-orang lebih suka berbelanja secara online, karena kita bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja tanpa harus ribet pergi keluar rumah. Tetapi, sebelum kita berbelanja online, sebaiknya kita harus waspada dan menelusuri secara benar apakah toko online tempat kita ingin berbelanja benar adanya atau hanya fiktif atau penipuan.

Biasanya modus yang dilakukan penipu olshop bermacam-macam seperti membuat web olshop, menggunakan nomor wa dan membuat akun IG palsu. Dengan cara seperti ini para korban tidak curiga karena akun IG tersebut dibuat sangat persis dengan akun IG olshop asli. Untuk mengatasi penipuan seperti diatas ada baiknya kamu mengikuti tips dan trik sebagai berikut:

7Pastikan akun IG yang kita follow  bukan akun palsu

Sumber : today.line.com

Jika kamu punya teman yang tahu mana akun IG asli dan mana yang palsu sebaiknya minta tolong lah pada nya untuk membedakannya. Biasanya akun IG palsu ber follower sedikit beda dengan yg asli dengan banyak follower dan banyak komentar dan jarang upload barang. Itu bisa dipastikan bahwa akun IG tersebut adalah palsu.

6Jangan melakukan check out barang dengan tergesa-gesa.

Sumber : pembawaberita.com

Jangan karena tergiur harga murah atau diskon yang besar kamu segera mentransfer nominal yang diminta. Jika dirasa mencurigakan, belilah barang dalam jumlah sedikit untuk memastikan olshop ini benar atau penipu. Bisa juga dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar barang yang akan kamu beli, untuk memperlambat transaksi. Jika olshop tersebut mendesak untuk segera menyelesaikan transaksi atau bahkan sampai menelpon berkali-kali, bisa dipastikan itu adalah penipuan.

5Pastikan nomor rekening yang harus ditransfer benar

Sumber : tribunnews.com

Olshop terpercaya selalu memberikan informasi nomor rekening yang dituju dengan benar. Bahkan dengan tegas menyatakan tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan transfer bukan ke rekening tersebut. Dan kita juga harus waspada kepada pemilik nomor rekening tersebut.

4Olshop palsu tidak akan mengirim foto barang

Sumber : cerpen.co.id

Biasanya foto yang digunakan adalah foto dari olshop lain dan hanya foto pemanis saja bukan foto asli atau real pict. Walaupun mereka mengirimkan foto, itu berupa foto paket yang akan dikirim dengan keadaan sudah dibungkus. Dan ketika sampai ternyata barang yang dikirim adalah barang dengan kualitas rendah dan tidak sesuai dengan fotonya. Itu adalah olshop penipu

3Penipu akan selalu menjawab bahwa barang yang kita pesan selalu ready, meskipun di toko asli barang tersebut sudah sold out.

Sumber :grid.id

Jika merasa tidak yakin dengan olshop tersebut kita bisa menanyakan barang dengan dengan merek rekayasa, jika olshop tersebut menjawab barang ada berarti bisa dipastikan bawah olshop tersebut adalah palsu atau penipu.

2Olshop penipu akan mendesak kita melakukan transfer dengan cepat. 

Sumber : grid.id

Olshop penipu biasanya bahkan sampai menelepon berkali-kali atau miscall terus menerus, olshop yang tidak sabaran seperti ini dipastikan ini adalah olshop palsu. Karena olshop palsu selalu memaksa melakukan transfer uang dalam jumlah besar dan tergesa-gesa mengakhiri telepon. Karena mereka harus cepat melakukan transaksi sebelum nomor mereka bisa dilacak polisi.

1Akun palsu akan segera dihapus.

Sumber : ptbukota.com

Jika si olshop palsu sudah mendapatkan korban, maka akun tersebut akan segera dihapus demikian juga dengan nomor wa. Itulah kenapa setelah korban melakukan transaksi, nomor wa nya sudah aktif dan tidak dapat dihubungi. Atau mungkin nomor masih aktif karena masih mendapatkan korban baru hanya saja nomor korban yg lain sudah diblokir tapi masih bisa dilacak keberadaan mereka. 

 

Berikut tentang tips dan trik berbelanja online, selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here