Di Debat Perdana, Andra Soni Singgung Isu Pendidikan Jadi Penyebab Ketidakbahagiaan Warga Banten

Di Debat Perdana, Andra Soni Singgung Isu Pendidikan Jadi Penyebab Ketidakbahagiaan Warga Banten
Podomoco.com, Jakarta – Calon gubernur Banten nomor urut 2, Andra Soni, memberikan tanggapannya soal penyebab rendahnya tingkat kebahagiaan masyarakat Banten dalam debat perdana Pilgub Banten yang dilaksanakan di Auditorium Menara Bank Mega, di Jakarta Selatan, pada Rabu, 16 Oktober 2024.

“Bagaimana cara kita membahagiakan masyarakat kita saat pendidikan belum adil dan belum merata?” kata Andra saat menjawab pertanyaan panelis dengan sub tema pemerataan antara wilayah Utara dan Selatan Provinsi Banten.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan apa yang disebutnya pendidikan yang tidak merata. Menurut Andra, ketidakmerataan itu disebabkan oleh terhalangnya pelajar untuk mengenyam pendidikan di sekolah negeri, yang mana memicu permasalahan putus sekolah. “Bahkan dalam catatan saya ada 14.000 anak tidak sekolah untuk level SMA-SMK,” ujarnya.

Andra menyebutkan, Provinsi Banten kalah dari Jakarta soal indeks pembangunan manusia terkait dengan proses lama belajar. Menurut dia, rata-rata lama sekolah masyarakat Banten berada di kisaran umur sembilan tahun, sedangkan Jakarta berada di kisaran 13 tahun. “Itu timpangnya terlalu jauh,” kata dia.

Menurut Andra, ukuran kebahagiaan adalah ketika anak bisa bersekolah. Ia menyampaikan agar kualitas pendidikan di Banten untuk diupayakan. 

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *